ALAM INDAH DAN WISATA DI SUKAMARA KALIMANTAN TENGAH

WISATA DI SUKAMARA KALIMANTAN TENGAH


Sukamara Kalimantan Tengah adalah kota atau kabupaten dan daerah yang kaya akan seni dan budaya. Masyarakat Sukamara Kalimantan Tengah juga sangat ramah dan bersahabat. Di Sukamara Kalimantan Tengah terdapat banyak sekali tempat wisata baik tempat wisata alam, tempat wisata sejarah dan tempat wisata lainya.

Beberapa objek wisata di Sukamara, diantaranya :

1. Danau Burung
Danau Burung
Danau Burung adalah salah satu tempat wisata unik andalan Kabupaten Sukamara Kalimantan Tengah. Danau burung termasuk dalam kawasan Suaka Margasatwa Lamandau yang terletak di antara 2 kabupaten yaitu Kotawaringin Barat dan Sukamara. Melalui Keputusan Menteri Kehutanan tanggal 26 februari 1998 Suaka Margasatwa Lamandau di fungsikan untuk menjaga keanekaragaman spesies dan menjaga habitat alamiahnya.

Danau Burung adalah surga tropis yang sangat ideal sebagai kawasan konservasi burung-burung yang datang dari berbagai spesies baik jenis endemis maupun jenis migran. Sepanjang tahun selama 8 bulan berbagai jenis burung akan datang ke lokasi ini. Pada musim awal musim kemarau dan awal musim hujan, Danau ini akan ramai dikunjungi ribuan burung liar, cantik, dan langka untuk membuat sarang dan bertelur.

Keindahan panorama alami terpancar melalui air gambut yang berwarna kecoklatan dan hijaunya pepohonan di sekitar danau tempat burung-burung bersarang. Kicauan ribuan burung liar tersebut menambah keunikan tempat wisata ini. Keanekaragaman hayati mulai dari primata endemis seperti orangutan, owa, dan bekantan, serta berbagai jenis ikan –ikan air tawar menjadi rumah damai bagi burung-burung ini.

2. Agro Wisata Bukit Patung
Bukit Patung
Bukit Patung mungkin adalah salah satu destinasi ekowisata di Kabupaten Sukamara yang belum banyak dieksplorasi. Terletak di Kecamatan Balai Riam wilayah ini memiliki destinasi yang unik dari kecamatan-kecamatan lainnya yang ada di Sukamara.

Destinasi ekowisata utama di Kawasan Bukit Patung adalah air terjun Riam Beguruh yang hanya berjarak 1 km dari Desa Bangun Jaya. Air Terjun ini berasal dari hutan lindung di sekitarnya sehingga airnya begitu segar dan alami tanpa bahan kimia. Di bawah air terjun terdapat airan sungai yang berbentuk riam yang sangat sesuai untuk permandian alam. Ketika wisatawan di bawah guyuran airnya yang dingin akan mengembalikan kesegaran tubuh setelah perjalanan.

Kawasan hulu Sungai Mapam ini air mengalir diantara bebatuan yang bergolak dalam riam. Dengan panorama hutan bukit patung yang masih alami dan udara yang sejuk menambah eksotisme keindahan alam ini. Tempat ini sangat sesuai untuk dinikmati wisatawan bersama anggota keluarga.

3. Pasir Putih Pantai Sei Tabuk
Pantai Sei Tabuk
Pantai pasir putih yang berada di desa Sungai Tabuk kecamatan Pantai Lunci Sukamara ini, memang belum banyak dikenal seperti pantai-pantai lain ditanah air. Hamparan pasir putih, deretan cemara nan rindang, pepohonan kelapa melambai tertiup angin laut, riak gelombang air beriring deburan ombak, keheningan dan kenyamanan diantara alaminya Pantai Sei Tabuk.

Pantai Sei Tabuk yang berada di pesisir selatan Kalimantan ini, tidak kalah dengan destinasi bahari lainnya dimana memiliki daya tarik yakni pantainya masih sangat alami dimana masih banyak tanaman liar yang tumbuh diatas halusnya pasir putih. Pohon cemara yang tumbuh di tepian pantai,justru memiliki nilai lebih dimana membawa kenyamanan tersendiri bagi para pengunjung yang dapat beristirahat sambil berteduh dari terik panas sang surya.

Rencananya pemerintah setempat bersama warga lokal yang mendiami di sepanjang pantai menjadikan kawasan pantai sungai Tabuk menjadi Kampung wisata dimana kedepannya akan dibarengi dengan destinasi lainnya seperti wisata kampung nelayan, wisata hutan mangrove, kawasan bagi para pemancing, dan tentunya wisata kuliner laut (Seafood).

4. Pantai Tanjung Nipah
Pantai Tanjung Nipah
Pantai Tanjung Nipah terletak di Desa Sungai Raja Kecamatan Jelai. Dengan air pantai yang bersih dan pasir putih yang lembut para pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan rekreasi bersama keluarga di sini seperti berenang, serta bersantai menikmati panorama pantai. Ombak di sini tidak terlalu besar sehingga aman untuk kegiatan berenang bersama anak-anak.

Pantai ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Cemara yang dicirikan dengan tumbuhnya pohon Cemara Laut di atas pantai pasir putih. Hamparan pohon cemara laut yang tumbuh dengan lebat seolah-olah menjadi pagar penjaga. Dengan suasana pantai yang teduh para pengujung biasanya memilih bersantai di bawah pohon. Deretan pohon cemara laut memenuhi bibir Pantai Tanjung Nipah, menciptakan suasana yang sejuk dan asri.

Pantai Tanjung Nipah juga dilengkapi dengan fasilitas mercusuar yang cukup tinggi. Mercusuar Pantai Tanjung Nipah berdiri dengan gagah di tepi Laut Jawa . Pengunjung di sini bisa menikmati suasana dari puncak mercusuar menikmati panorama pesisir. Bagi Wisatawan yang memiliki cukup nyali bisa mendaki anak tangga yang melingkar untuk mencapai puncak mercusuar. Dengan tinggi kurang lebih 50 meter, pengunjung harus melangkah pada ratusan anak tangga dengan formasi melingkar. Menara suar ini berfungsi sebagai suluh dan pemandu bagi para pelaut yang sedang berlayar.

5. Taman Permata Sukma
Taman Permata Sukma
Taman Permata Sukma berada di Desa Natai Sedawak, Natai Sedawak, Kec. Sukamara, Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah.

Sukamara adalah kota dalam taman. Suatu konsep keindahan Kota Permata yang telah menjadikan Sukamara berhasil meraih Piala Adipura Tingkat Kota Kecil se-Kalimantan. Untuk menciptakan Kota Permata yang asri dan hijau Pemerintah Kabupaten Sukamara melalui Dinas Pekerjaan Umum Bidang Tata Ruang menghias kota ini dengan dikelilingi banyak taman-taman kota yang indah. Taman Kota dibuat hijau dengan tujuan melengkapi sarana dan prasarana sebuah kota, sehingga membuat kota ini menjadi unik dengan beragam konsep taman yang akan menambah keindahan kota.

Tercatat ada 10 taman kota yang mempercantik kota ini diantaranya Taman Permata Sukma (Lokasi Sukamara Fair), Taman Terantang (Lokasi Gerbang Desa Natai Sedawak), Taman Cantek (Lokasi Perkantoran Kemenag), Taman Pangeran Sukarma (Lokasi Perkantoran Bupati), Taman Pahlawan (Lokasi Depan SD Mendawai 1), Taman Koramil (Lokasi Lapangan Koramil), Taman Tangsi (Lokasi Pasar Lama), Taman Kayu Putih (Lokasi Bungalow), Taman Warung Wisata danTaman Baca (Lokasi Perpustakaan).

Perasaan tenang berada di taman tentunya menjadi charger penyemangat bagi warga Bumi Gawi Barinjam. Sebagai tempat bersantai melepas kepenatan, pepohonan dan tanaman hijau di taman kota juga berfungsi menyaring polusi yang dihasilkan oleh knalpot kendaraan bermotor. Dari faktor psikologis taman kota yang rindang dengan tumbuhan hijaunya membuat mata kita menjadi segar.